Sabtu, 13 Agustus 2011

Dari Kemitraan Usaha UP-FMA Mattoanging terima Penghargaan dari Presiden

UP-FMA yang lebih dikenal dengan istilah Posluhtan di Kab. Maros. Posluhtan Mattoanging desa Mattoanging Kec. Bantimurung Kab. Maros yang diketuai oleh M. Aras terpilih sebagai penerima penghargaan UP-FMA berprestasi Tingkat Nasional Tahun 2011. UP-FMA Mattoanging menjadi salah satu dari lima penerima penghargaan Tingkat Nasional mewakili Sulawesi Selatan.
UP-FMA Mattoanging selama ini mempunyai 12 kelompok tani yang telah dibentuk sejak tahun 1982 sampai 2007 di Desa Mattoanging Kecamatan Bantimurung. Apa yang UP-FMA Mattoanging peroleh menurut M. Aras diperoleh tak lepas dari bimbingan pembina/pengelola P3TIP/FEATI Kab. Maros, Tim TPL Kecamatan dan Arifuddin, STP selaku pembina atau Penyuluh Pertanian.

Atas prestasi ini UP FMA Mattoanging mendapat undangan dari Kementerian Pertanian untuk menerima penghargaan yang akan diserahkan langsung Presiden Susilo Bambang Yudhoyono di Istana Negara, bertepatan dengan peringatan HUT RI ke 66 di Jakarta.

Salah satu terobosan yang dilakukan UP FMA Mattoanging adalah terjalinnya kemitraan usaha antara posluhtan/peserta dengan BBI padi Maros dan Shang Hyang Seri dimana petani sebagai pelaku utama dan PT Shang Hyang Seri sebagai pelaku usaha menerima produk berupa bibit dan BBI padi sebagai penerima produk dan pemasaran bibit pokok. Menurut Ir. H. Burhanuddin, MM selaku Kepala Badan Pelaksana Penyuluhan dan Ket. Pangan Kab. Maros bahwa apa yang diraih oleh UP FMA Mattoanging merupakan suatu tantangan kedepan untuk berbuat lebih baik demi kemajuan petani/UP-FMA dan dapat menjadi contoh bagi UP-FMA lain khususnya yang berada di Kab. Maros.

Tidak ada komentar: