Selasa, 03 Agustus 2010

PELATIHAN KOMPUTER & WORKSHOP e PETANI 2010

Program Pemberdayaan Petani dengan Teknologi dan Informasi Pertanian / Farmer Empowerment Through Agricultural Technology and Information (FEATI) dirancang untuk mewujudkan sistem penelitian dan penyuluhan pertanian yang mampu memenuhi kebutuhan petani dalam menghadapi perkembangan ekonomi global. Program FEATI bertujuan untuk memberdayakan petani dan organisasi petani dalam peningkatan produktivitas, pendapatan dan kesejahteraan petani melalui peningkatan aksesibilitas terhadap informasi, teknologi, modal dan sarana produksi, pengembangan agribisnis dan kemitraan usaha. Sasarannya meliputi: Petani yang telah tergabung dalam kelompok tani (poktan); Gabungan Kelompok Tani (gapoktan); Asosiasi dan korporasi petani. Ruang lingkup kegiatannya diantaranya adalah Penguatan dukungan teknologi pada usaha tani/agribisnis di tingkat petani; dan Perbaikan pelayanan teknologi dan informasi pertanian.

Dalam upaya meningkatkan ketrampilan Penyuluh Pertanian kabupaten dalam pengelolaan Information Technology (IT), maka pada tanggal 01 s/d 02 Agustus 2010 dilaksanakan pelatihan. Dan dilanjutkan dengan workshop ePetani pada tanggal, 03 Agustus 2010. Bertempat di Aula Badan Pelaksana Penyuluhan dan Ketahaanan Pangan Kabupaten Maros, Pusat Data dan Informasi Pertanian (PUSDATIN) Kementerian Pertanian bekerjasama dengan Lembaga Pendidikan Komputer Komp@k Kabupaten Maros melaksanakan pelatihan yang berkaitan dengan pengetahuan dasar komputer dan e-Petani dengan peserta Penyuluh Pertanian dan Staf BPP serta Pengurus UP – FMA sebagai peserta workshop, pelatihan difasilitasi oleh Yenni Tat dan Asiah dari Pusdatin. Pelatihan e-Petani ini dibuka secara resmi oleh Kepala Badan Pelaksana Penyuluhan dan Ketahanan Kab. Maros yang diwakili oleh Sekretaris Badan/P2K P3TIP/FEATI Ir. Muh. Alfian Amri, M.Si. Dalam arahannya kepada peserta pelatihan, penyuluh pertanian dan staf yang telah dilatih diharapkan mampu menerapkan ilmunya serta dapat berperan sebagai fasilitator dan motivator kepada penyuluh pertanian maupun petani dilokasinya.

Adapun tujuan dari pelatihan ini adalah untuk ; meningkatkan pengetahuan dan keterampilan Penyuluh Pertanian dan Staf BPP dalam menggunakan komputer mulai dari pengenalan computer, manfaat teknis dan sosial dari penggunaan computer, pemanfaatan internet, berkomunikasi melalui e-mail serta pengenalan ePetani.

Harapan kedepan semoga dengan pelatihan ini dapat bermanfaat bagi peserta khususnya Penyuluh Pertanian dalam menunjang tugas – tugas di lapangan dalam membimbing petani.

Tidak ada komentar: