Minggu, 14 Juni 2009

Pelatihan Tekhnis Spesipik Lokalita

PELATIHAN TEKNOLOGI PENGGEMUKAN SAPI

Pelatihan tekins teknologi Penggemukan Sapi angkatan II berlangsung dari tanggal 31 Mei hingga 13 Juni 2009 di Hotel Darma Nusantara dengan panitia penyelenggara Ir. Halilintar diikuti oleh peserta sebanyak 25 orang terdiri dari laki – laki 19 orang dan perempuan sebanyak 6 orang

Jumlah Fasilitator yang terlibat dalam pelatihan ini sebanyak 21 orang termasuk Perempuan 3 orang. Prof. Dr. Ir. Syamsuddin Rasyid, M.Sc dan Prof. Dr. Ir. MS. Efendi Abustam, M.Sc, peneliti BPTP, dokter hewan dari Balai Besar Veteriner Maros orang dan beberapa petugas teknis dan laboran, Penyuluh pertanian Kabupaten, Pejabat Pembuat Komitmen ( P2K ), serta PIU P3TIP/FEATI.

Materi yang disajikan oleh narasumber terdiri dari kelompok dasar, kelompok inti dan kelompok penunjang dengan jumlah jam berlatih sebanyak 112 jam.

A.Kelompok Dasar terdiri dari :
- Kebijaksanaan penyuluhan pertanian di Kabupaten Maros
- Kebijaksanaan pembangunan peternakan di Kabupaten Maros
- Kebijaksanaan program P3TIP/FEATI Kabupaten Maros

B.Kelompok inti ( teknis ) :
- Sistim penggemukan ternak sapi
- Pemilihan bibit sapi bakalan
- Penyediaan dan pengelolaal pakan ternak sapi
- Penyediaan kandang penggemukan
- Pengenalan penyakit dan pencegahan/pengobatan
- Pasca panen dan pengolahan hasil
- Menghitung pendapatan usaha tani penggemukan
- Teknik fasilitasi petani
- Penyuluhan pertanian secara partisipatif
- Dasar dan teknik verifikasi proposal
C.Kelompok Penunjang :
- Dinamika kelompok
- Pengintegrasian gender dalam penyuluhan pertanian
- Kegiatan praktek lapangan yang dilaksanakan pada dua lokasi yakni lahan praktek fakultas peternakan UNHAS dan Laboratorium Pengolahan hasil ternak fakultas peternakan UNHAS. Selain itu praktek di kandang-praktek Balai Besar Veteriner dan Laboratorium serta dilanjutkan dengan repleksi hasil praktek lapangan.

Praktek lapang dilaksanakan selama 2 ( dua ) hari yakni tanggal 6 Juni 2009 dilaksanakan di lahan praktek fakultas peternakan UNHAS pada kebun bibit rumput dengan menghitung produksi dan produktifitas lahan HMT, pembuatan silase dan pengelolaan kandang ternak yang didampingi salah satu dosen pengelola hijauan pakan ternak ( Dr. Ir. Abd. Latif Fattah, M.Si ), serta dilaboratorium Pengolahan Hasil Ternak Fakultas Peternakan UNHAS untuk praktek mengolah daging dan pembuatan bakso, nuget dan lain-lain yang juga didamping salah satu dosen penanggung jawab laboratorium ( Hikmah, SPt, M.Si). Pada tanggal 9 Juni 2009 dilaksanakan praktek lapangan di kandang praktek Balai Besar Veteriner Maros untuk belajar menangani sapi untuk penyuntikan, pemberian obat dan lain-lain didampingi 4 orang teknisi BBVet (dikoordinir oleh Drh. Tangguh ), dilanjutkan dengan mengunjungi 7 unit laboratorium dalam lingkup BBVet, untuk mengamati dan berdiskusi tentang teknik penyidikan penyakit ternak yang dipandu oleh masing-masing petugas/dokter hewan (laboran). Setiap kelompok memasuki salah satu lab.secara bergiliran sehingga diakhir praktek seluruh kelompok telah memasuki seluruh laboratorium secara bergantian. Hasil praktek dibuat dan disusun dalam bentuk laporan kegiatan praktek yang selanjutnya di diskusikan/ dipresentasikan dalam refleksi praktek lapang dan sekaligus menjadi laporan akhir tiap kelompok.
Sebelum acara penutupan dilaksanakan pada tanggal 13 Juni 2009, didahului dengan RTL dan evaluasi pelaksanaan pelatihan.

Tidak ada komentar: